Tempat Wisata DESA CIWARU Sukabumi Jawa Barat


Panorama indah desa ciwaru

1. topographi wilayah

Desa Ciwaru yang letaknya +50km dari Pelabuhan Ratu (Ibu Kota Kab. Sukabumi), yang tahun lalu mengikuti pemekaran desa menjadi 2 desa yaitu desa Ciwaru dan Desa Mekrsakti atas keputusan Rapat paripurna DPRD Kab. Sukabumi sesuai UU No. 72 tahun 2005 tentang desa. Luas desa ciwaru saat ini adalah: dengan batas desa; sebelah timur berbatasan dengan desa taman jaya, sebelah selatan berbatasan dengan desa mekarsakti & Cibenda, Sebelah barat dengan desa Cibenda & teluk palangpang, serta sebelah utara berbatasan dengan desa ciemas.

Secara geomorfologi, bentuk desa ciwaru adalah berupa cekungan yang di kelilingi oleh gunung dan di sebelah barat langsung ke pantai, atau mungkin kita cocok mengibaratkannya seperti mangkuk yang salah satu bagiannya sudah pecah sehingga cekungannya tidak utuh. Hal itu bisa kita lihat jika kita sedang berdiri atau melintas di Panenjoan desa tamanjaya yaitu di tebing gunung yang mengitari desaku ini. Sangat perihatin memang ketika melihat desa yang terpencil jauh dari peradaban namun menimpan sejuta kenangan dan memiliki sejuta keindahan yang akan terus teringat dan menjadi magnet tersendiri untuk saya bisa kembali setiap saat ke kampung halamanku ini.

Berdasarkan sejarah atau lebih pasnya adalah mitos orang tua, karena kisah perjalanannya tidak tercatat dalam buku sejarah. Desa ciwaru ini asal muasalnya adalah teluk samudra hindia yang surut dan pantainya tersebut adalah yang sekarang menjadi gunung yang mengitarinya. Desa ini pertama kali di buka oleh seorang tokoh masyarakat yang dikenal dengan nama Mbah Druka. Asal usul Mbah durak selengkapnya.

2. demographi penduduk

Penduduk desa Ciwaru adalah suku pribumi asli suku sunda. Meskipun saat ini telah bercampur dengan suku jawa dan yang lainnya karena telah banyak pendatang karena tugas dinas pendidikan dan yang lainnya.

Agama yang di Anut Mayoritas Islam. Mata Pencaharian adalah bertani.

3. p a r i w i s a t a

Desa Ciwaru sebagian besar merupakan Daerah Agraris yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai Petani dan Nelayan. Namun disisi lain Desa Ciwaru memiliki beberapa objek wisata yang perlu dikembangkan diantaranya objek wisata pantai dan air terjun yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri.

Kebanyakan para pengunjung objek wisata tersebut adalah wisatawan lokal yang berasal dari luar daerah.

a. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang merupakan salah satu potensi obyek wisata yang memiliki beberapa sarana penunjang dan dapat dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Di pantai ini selain dapat menyaksikan keindahan alam para pengunjung dapat menikmati tangkapan ikan para nelayan yang dijual di tempat pelelangan ikan dengan jenis yang bervariasi.

Suasana alam pantai yang memiliki keindahan tersendiri karena di pantai ini vegetasi alam sangat mendukung, air laut cukup jernih dan hembusan angin tidak terlalu besar, gelombang laut yang bersahabat membuat wisatawan yang datang ke pantai ini merasa nyaman, walaupun masih belum didukung oleh sarana dan prasarana pariwisata yang memadai, pengunjung ke pantai ini bisa menikmati keindahan wisata yang disediakan secara alami. Jika kita hendak menyebranng turun ke air laut… kita juga bisa mendarat di salah satu pulau kecil yang penduduk setempat meyebutnya dengan nama Pulau Mandra. Pulau ini memang sangat kecil, dan dominasi plataranannya adalah batu karang. Namun jika kita kesana kita bisa menikmati suasana laut yang sesungguhnya dengan demuran ombak menghantam karangnya sangat besar, karena rahnya langsung menuju laut lepas. tapi disini juga kita bisa untuk sekedar memancing ikan kecil-kecilan. Kesebelah selatannya ada tambak udang dan pulau kunti, atau ke sebelah utara ada pasir putih yang cocok untuk kita mancing ikan dari bibir pantai.

GambarGambar

Fhoto diatas waktu siang hari dipantai palampang ada ubur ubur , sebelah nya waktu sunset dan fhoto dibawah pantai palampang waktu siang hari

b. Curug Cimarinjung

GambarGambarTidak jauh dari Pantai Cimarinjung terdapat objek wisata air terjun Curug Cimarinjung, yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki menelusuri pematang sawah dan jalan setapak di sepanjang saluran Irigasi Cimarinjung.

Curug Cimarinjung tidak kalah indahnya dengan panorama pegunungan di sekitarnya, dan ini merupakan salah satu Objek wisata air terjun di Desa Ciwaru sekaligus potensi alam yang harus dikembangkan dan dilestarikan keindahannya untuk menarik wisatawan baik lokal maupun asing.

 

c. Curug Cikanteh

Potensi pariwisata lainnya yang perlu dikembangkan salah satu diantaranya yaitu objek wisata Curug Cikanteh yang terletak di Kedusunan Cikanteh dengan jarak kurang lebih 4 Km dari pusat Desa Ciwaru.

Objek wisata air terjun Cikanteh memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan objek wisata air terjun yang lainnya yaitu tingkatan air terjun yang terdiri dari tiga tingkat. Tingkat paling dasar dinamakan Curug Sodong, Tingkat kedua dinamakan Curug Ngelai dan yang paling atas dinamakan Curug Cikanteh. Masing-masing mempunyai keunikan yang berbeda.

Gambar

Gambar photo diamping diambil dari kejauhan didepan rumah lurah desa ciwaru

Copy:http://wisatapantaiselatan.wordpress.com

4 thoughts on “Tempat Wisata DESA CIWARU Sukabumi Jawa Barat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s