Indonesia dan Rusia Kerjasama Selidiki Kecelakaan Pesawat


Jakarta (ANTARA) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut baik tawaran dan permintaan kerja sama dari Presiden Vladimir Putin terkait penyelidikan dan proses identifikasi korban kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100.
Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah kepada ANTARA di Jakarta, Kamis malam, mengatakan, hal tersebut merupakan salah satu topik pembicaraan telepon Presiden Yudhoyono dengan Presiden Putin yang berlangsung Kamis pukul 22.30 WIB.
“Ada dua hal yang diminta oleh Presiden Putin dalam pembicaraanya dengan Presiden Yudhoyono yaitu pertama Presiden Putin meminta kerja sama dengan Indonesia untuk proses identifikasi forensik terhadap korban musibah tersebut, di mana Rusia juga memiliki ahli-ahli di bidang tersebut. Kedua, Presiden Putin juga menawarkan kerja sama untuk mengirimkan pakar dalam mengidentifikasi reruntuhan pesawat,” kata Faizasyah.
Faizasyah yang mendampingi Presiden Yudhoyono saat berkomunikasi dengan Presiden Rusia yang baru dilantik tersebut mengatakan, Kepala Negara menyetujui permintaan pihak Rusia tersebut dan telah menghubungi instansi-instansi terkait di Indonesia untuk segera menindaklanjuti kerja sama tersebut.
Presiden Yudhoyono juga meminta agar rencana kerja sama itu diinformasikan kepada pihak keluarga korban sehingga memahami bahwa hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah atas musibah yang terjadi tersebut.
Sebelumnya, dalam keterangan pers di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis pagi, Presiden meminta agar dilakukan investigasi atas musibah tersebut untuk mengetahui penyebab pesawat kehilangan kontak saat melakukan penerbangan demonstrasi yang diikuti oleh sejumlah kalangan penerbangan tanah air termasuk wartawan.(ar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s